Sambut HSN 2021, RMI NU Kabupaten Malang Gelar Fathul Qarib competition

berita terbaru nu kita
Pamflate Lomba Musabaqah Qiraatil Kitab Fathul Qarib competition. (Foto: Istimewa)
Minggu, 10 Oktober 2021 - 22:15 WIB | Dilihat: 261

NUKITA.ID, MALANG – Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2021 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021 mendatang, Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nadlatul Ulama (RMI NU) Kabupaten Malang Bakal menggelar Lomba Musabaqah Qiraatil Kitab, Fathul Qarib competition. 

Kegiatan ini akan digelar secara offline pada Minggu tanggal 17 Oktober 2021 jam 07:00 - selesai dan berlokasi di Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang. 

H Abu Yazid AM, selaku ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nadlatul Ulama (RMI NU) Kabupaten Malang menyampaikan bahwa Musabaqah Qiraatil Kitab merupakan salah satu program kerja RMI dan rutin diselenggarakan menjelang HSN. 

"Pada tahun ini kami mengadakan lomba membaca kitab Fathul Qarib. Kenapa Fathul Qarib karena sasaran kita adalah santri," jelasnya. 

Tujuan dari lomba ini, kata Gus Yazid, adalah untuk mencetak kader kader muda menjadi Kiai masa depan yang mahir serta mumpuni dalam membaca kitab. 

"Oleh karena itu, sasaran pesertanya adalah santri-santri muda di Pesantren dan Madin Malang Raya yang berusia 12, 13, dan maksimal 17 tahun," paparnya. 

Masih kata Gus Yazid, nantinya lomba ini akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori santri putra dan santri putri. 

Tak tanggung-tanggung, lomba Musabaqah Qiraatil Kitab ini juga menyediakan hadiah total jutaan rupiah serta tropi untuk para pemenang. 

Dalam lomba yang diperuntukkan bagi santri pesantren dan madrasah diniyyah se-Malang Raya ini, RMI bekerjasama dengan IAI Al-Qolam Malang dan Pesantrencenter.id. 

Ketentuan lomba: 

1. Santri aktif pondok pesantren atau madin takmiliyah, dibutkikan dengan surat rekomendasi dari pesantren/madin
2. Masih berumur 17 tahun dengan menyerahkan bukti ijazah terakhir
3. Satu pesantren mengirimkan maksimal 4 orang: 2 peserta putra dan 2 peserta putri.
4. Pendaftaran paling akhir tanggal 15 Oktober 2021 

Bagi para santri Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah di Malang raya yang ingin mengikuti lomba ini bisa melakukan pendaftaran di laman Pesantrencenter.id. (*)


Pewarta : Muzayid
Editor : Tim Nukita
Tags : , , , , ,

Comments: